Profil Desa

10 Desember 2020
Administrator
Dibaca 922 Kali

Sidomukti diapit oleh dua desa yakni manyar rejo dan sidorukun. Sidomukti memiliki jumlah nelayan paling banyak diantara dua desa lainnya. Oleh karena itu kebanyakan masyarakat sidomukti mengandalkan ekonomi
mereka sebagai nelayan. Bisa dikatakan jika ekonomi mereka dalam kategori yang menengah, karena masyarakat sidomukti mengandalkan pekerjaan nelayan sebagai penggerak ekonomi mereka dan juga sebagai ciri khas masyarakat manyar.

Gambaran Umum Dan Profil Desa

Batas desa

Wilayah Desa Sidomukti berbatasan dengan daerah sebagai
berikut:

  • Sebelah utara : Desa Manyar Sidorukun
  • Sebelah timur : Desa Sukomulyo
  • Sebelah selatan : Desa Manyarejo
  • Sebelah barat : Desa Leran

Letak dan Kondisi Geografis

Desa Sidomukti terletak kurang lebih 7,3 Km dari pusat kota Gresik. Desa Sidomukti adalah salah satu dari 23 desa yang termasuk dalam wilayah kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Dilihat dari letak geografisnya, wilayah desa Sidomukti merupakan jalur perhubungan Pantura yang sangat padat serta berdekatan dengan
wilayah pengembangan kawasan industri dan juga adanya Terminal Pelabuhan Internasional. Kondisi ini membuat perubahan kehidupan bagi masyarakat nelayan di Desa Sidomukti.

Secara umum topografi Desa Sidomukti datar yang semula merupakan pantai yang landai. Ada beberapa tempat yang relevansinya naik turun, tapi tidak begitu signifikan perbedaan tingginya. Desa Sidomukti terletak pada daerah dataran rendah permukaan datar dengan ketinggian sekitar 3 meter diatas permukaan air laut. Dengan suhu rata-rata 35-34 derajat C dengan luas tanah 1.070.060 m. Adapun pembagian wilayah tersaji dalam tabe dibawah ini:

Data Luas Wilayah Desa

Kategori Wilayah Luas
Permukiman 26 ha
Tambak 1.035 ha
Fasilitas Umum 9,06 ha


Luas 1.070,060 ha